kampung batik
Kampung Wisata Unik, Kampung Batik

Cozzy – Kampung Wisata Unik di Semarang.

Kampung batik semarang

Sahabat Cozzy, kalau kalian liburan berkunjung ke Semarang, kalian harus menyempatkan datang ke kampung wisata unik ini. Karena, selain kalian bisa berwisata, kalian juga bisa menambah pengetahuan yang ada di kampung ini. Kampung Batik namanya.

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang wajib dijaga dan dilestarikan. Motif batik yang beragam dan unik di setiap daerah membuat batik menjadi salah satu kerajinan favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Seperti kota Solo, Pekalongan, dan Jogja yang terkenal akan kerajinan batiknya. Kota Semarang ternyata juga memiliki sentra kerajinan batik yang dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai Kampung Batik.

Kampung Batik ini berlokasi di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur yang letaknya tidak jauh dari Kawasan Kota Lama atau tepatnya di seberang timur Museum Kota Lama. Terletak di Rejomulyo, Bubakan, Kampung Batik tidak terletak jauh dari Kota Lama sehingga bisa menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi Hanya berjarak 7 KM atau sekitar 20 menit dari Cozzy Stay Semarang..

Kampung Batik Semarang ini konon merupakan sentra kerajinan batik di era kolonial, tempat para saudagar batik yang hendak memasarkan batik mereka ke luar pulau Jawa. Di Semarang sendiri, terdapat Kampung Batik yang menjadi rumah bagi para pengrajin batik Semarangan dan telah menjadi salah satu kampung tematik kota Semarang sejak tahun 2016.. Kegiatan apa aja sih yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu di Kampung Batik ini? Berikut ulsannya.

  1. Mendalami Filosofi Batik.

Keunikan dari seni yang ada di Indonesia adalah makna yang terkandung di dalamnya, termasuk batik. Walaupun batik memiliki motif yang indah dan beragam, namun terkandung banyak cerita maupun arti di dalamnya. Di Kampung Batik, Anda bisa memahami lebih dalam arti dari sehelai kain batik yang biasa Anda kenakan sehari-hari. Bahkan Anda juga akan diperlihatkan jenis-jenis batik dari berbagai daerah hingga melihat batik-batik koleksi milik warga setempat.

  1. Mencanting

Para wisatawan bisa berkeliling, berkunjung ke berbagai gerai untuk melihat dan membeli berbagai jenis kerajinan batik lokal. Selain membeli, para wisatawan juga bisa belajar untuk membuat kerajinan batik mereka sendiri. Kampung Batik Semarang memberikan kesan dan pengalaman tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung karena tidak sekedar membeli namun para wisatawan diajak untuk terlibat langsung dalam proses pembuatan batik.

  1. Menyusuri Sejarah Semarang.

Dinding di gang ini digambar dengan cerita sejarah berdirinya Kota Semarang dalam bentuk Wayang Beber. Beber atau dalam bahasa Jawa yang berarti “menjelaskan”, merupakan jenis wayang yang ditampilkan melalui paparan gambar yang telah disiapkan sebelumnya. Maka dari itu, akan lebih seru jika Anda bisa menelusuri warna-warni sejarah Semarang ditemani penduduk setempat yang dengan hati berbagi cerita kepada Anda. Tak banyak yang tahu bahwa Kampung Batik juga memiliki nilai historis dalam kehidupan warga Semarang. Di sini, Anda masih akan menemukan sumur yang digunakan masyarakat Semarang untuk memadamkan daerah Kampung Batik pada kejadian Pertempuran 5 Hari di Semarang.

  1. Hunting Foto.

Lokasi ini dipenuhi dengan berbagai grafiti indah yang menggambarkan tentang batik maupun kebhinekaan Indonesia. Rumah-rumah warganya pun dicat warna-warni sehingga terlihat instagramable banget dan sayang untuk tidak diabadikan bagi kamu yang suka memposting foto di media sosial.

Plang Kampoeng Jadoel yang berada di daerah Kampung Batik Tengah juga menjadi salah satu ikon Kampung Batik dan bisa menjadi tanda bahwa Anda sudah pernah datang ke sentra batik di Semarang ini. Di dekat situ pun terdapat foto-foto yang menggambarkan Semarang tempo dulu dan pembuatan batik yang sudah ada di zaman dahulu. Anda akan puas untuk mengambil banyak gambar dan bisa diunggah ke media sosial karena banyaknya tempat yang bisa Anda telusuri di kampung ini.

  1. Membeli Oleh-Oleh Untuk Orang Tersayang.

Tidak lengkap rasanya jika tidak membeli sehelai kain batik di sentra batik. Di sini, Anda bisa menemukan puluhan toko batik yang menyediakan kain-kain indah dengan berbagai motif. Anda bisa menemukan motif batik dari berbagai daerah di Indonesia karena warga yang tinggal di kampung ini pun berasal dari pelosok negeri.

Harganya pun bervariasi sesuai disesuaikan dengan motif dan cara pembuatannya. Jangan heran jika Anda bisa menemukan batik tulis seharga puluhan juta di sini karena para pengrajin batik sangat menghargai proses dari pembuatan motif dalam sehelai kain. Tak hanya dijual sebagai helaian, Anda juga bisa menemukan batik yang sudah disulap menjadi pakaian-pakaian apik.

Seperti peribahasa sambil menyelam minum air bukan? Selain kita berwisata kita juga bisa belajar mengetahui filosofi batik dan juga bisa mencoba untuk membuat kerajinan batik milik kita sendiri.

Cozzy

4 Hal Penting Saat Check-Out Dari Hotel.

Tips memesan kamar hotel

Facebook
Twitter
LinkedIn
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments