Tips liburan hemat
5 Tips Liburan Hemat ala Backpacker

CozzyTips Liburan Hemat

 

Teman Cozzy pandemi telah mengubah kebiasaan orang dalam liburan. Tempat wisata kehilangan banyak pengunjung karena terdapat pembatasan. Meskipun begitu, masih ada orang yang pergi berwisata di era new normal dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. 
Di masa seperti ini, rencana liburan memang harus diperhitungkan. Masalahnya bukan lagi modal atau ongkos jalan tapi juga keselamatan. Meskipun begitu, kamu tetap bisa merencanakan liburan kapan saja. Bahkan dari sekarang. Nanti, kalau situasi sudah membaik, kamu tinggal berangkat. Hitung-hitung menambah persiapan uang liburan. 
Biar bagaimana pun, liburan tetap butuh uang. Apalagi kalau kamu ingin liburan ke luar negeri. Otomatis, uang yang dibutuhkan juga lebih banyak. Liburan ke luar kota atau negeri memakan biaya yang mencakup transportasi, makan, biaya masuk tempat wisata, hingga penginapan untuk perjalanan lebih dari sehari. Belum biaya lainnya seperti oleh-oleh atau uang tip untuk tour guide. Semua biaya tersebut sudah menjadi standar pengeluaran liburan. 
Sebenarnya gaya liburan menentukan pengeluaran. Kalau gaya liburan kamu cenderung mewah, tentunya harganya akan lebih mahal. Berbeda dengan liburan gaya backpacker yang sebisa mungkin meminimalisir pengeluaran. Soalnya, dana yang dimiliki untuk jalan-jalan memang gak banyak. Intinya, sesuaikan gaya traveling dengan kemampuan finansial kamu.  
Tips Liburan Hemat dan Nyaman ala Backpacker 
Meskipun begitu, meski punya dana terbatas, kamu tetap bisa liburan hemat tanpa perlu menguras kantong. Jangan mentang-mentang lagi bersenang-senang, terus kamu bisa seenaknya menghabiskan uang. Ingat, habis liburan kamu masih butuh uang buat menjalani hidup sehari-hari.

 

Tips liburan hemat

1. Susun anggaran
Tips liburan murah yang pertama adalah membuat anggaran. Saat tujuan liburan sudah ditentukan. Buatlah rencana anggaran pengeluaran dan pemasukan khusus liburan. Hal ini membuat kamu jadi punya acuan dalam membelanjakan uang. Tulis secara detail apa saja yang kamu butuhkan dan estimasi biayanya. Masukkan poin-poin penting seperti tiket kereta atau pesawat, estimasi makan dalam sehari, harga tiket masuk tempat wisata, sampai biaya gak terduga.

Tips liburan hemat

2. Lakukan riset mendalam
Kemanapun destinasinya, akan mempengaruhi besar kecilnya budget yang akan dikeluarkan. Biaya ke negara Eropa akan lebih mahal ketimbang ke negara Asia atau dalam negeri. Lakukan riset mendalam dengan membaca artikel tips liburan hemat atau pengalaman orang lain  mengenai bagaimana dan berapa biaya transportasi menuju dan selama di sana, penginapan, harga makanan, rute perjalanan, hingga budaya destinasi tujuan.  
Setelah riset, kamu bisa kembali melakukan perhitungan. Sesuaikan dengan dana yang kamu punya. Kalau sekiranya dana kamu masih kurang untuk memenuhi keinginan, sebaiknya evaluasi poin mana yang bisa dihilangkan atau dikurangi. Riset ini sangat penting dilakukan buat kamu yang butuh tips traveling sendiri demi keamanan selama liburan.

Tips liburan hemat

3. Pilih transportasi yang tepat dan efisien dari jauh hari 
Salah satu tips liburan dengan budget minim selanjutnya terletak pada pemilihan moda transportasi. Pilihan transportasi tentunya bergantung pada destinasi yang kamu tuju. Seringkali destinasi tersebut adalah daerah yang punya banyak opsi transportasi. Kamu harus bisa menentukan mana transportasi yang lebih efisien untuk mencapainya. Misalnya, kamu berencana pergi ke pulau Banda. Dari Jakarta kamu harus naik pesawat ke Ambon. 
Setelah itu, dari Ambon ada 2 pilihan transportasi menuju Banda yaitu kapal cepat. Kapal PELNI, dan pesawat kecil. Perjalanan menggunakan kapal cepat memakan waktu 6 – 8 jam. Sedangkan perjalanan dengan pesawat hanya sekitar 1 jam asal mau merogoh kocek lebih dalam. 
Jika kamu punya waktu lebih banyak dan data terbatas, pilih naik kapal cepat atau PELNI. Sementara, naik pesawat cocok buat kamu yang punya bujet lebih dan waktu terbatas. Untuk destinasi jauh lebih baik ditempuh menggunakan pesawat. Pesan tiketnya dari jauh hari supaya bisa dapat harga murah.
4. Ajak teman biar ramai dan irit
Jalan-jalan bareng teman selain lebih menyenangkan juga termasuk tips traveling low budget karena dapat menghemat biaya. Banyak biaya yang ditanggung bersama. Penginapan salah satunya. Alih-alih menginap di hotel sendiri atau berdua dengan harga yang lumayan, kamu dan teman-teman bisa menyewa satu rumah, apartemen, atau villa. 
Selain itu, kamu pun hemat biaya transportasi selama di tempat tujuan. Menyewa mobil untuk liburan sendirian atau berdua, jatuhnya lebih mahal. Kecuali kamu memang mau naik transportasi umum untuk menjelajah tempat demi tempat. Kadang, hal tersebut agak merepotkan. Makanya, mending kamu sewa mobil pribadi bersama banyak orang. Bayarnya bisa patungan.
5. Tekan biaya makan 
Biaya makan termasuk biaya yang paling banyak dikeluarkan setelah transportasi dan penginapan. Meskipun, besar harga makanan tergantung pada destinasi tujuan. Pilih makanan di restoran biasa atau bahkan pinggir jalan supaya dapat harga murah. Usahakan gak terlalu banyak jajan walaupun keinginan mencoba berbagai jenis makanan lokal selalu menggoda. Kalau perlu, kamu bawa bekal makanan dari rumah buat jaga-jaga. 
Semoga tips ini membantu kamu agar tetap bisa liburan, Happy Holiday Teman Cozzy.
Facebook
Twitter
LinkedIn
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments