phobia-phobia traveller
Fobia-fobia Para Traveller. Apakah Kamu Salah Satunya?

CozzyFobia-fobia Para Traveller. Apakah Kamu Salah Satunya?

 

Semua orang bersemangat menyambut momen kebahagiaan entah bersama keluarga atau teman. Momen traveling adalah kesempatan seseorang untuk menciptakan memori baru dan belajar banyak hal baru.

Sayangnya kadang sejumlah orang mengalami kesulitan untuk menikmati momen traveling. Mereka mudah merasa cemas sampai ketakutan yang berlebihan. Berikut beberapa jenis fobia yang biasa menyerang seorang traveller saat traveling.

1. Mysophobia

fobia-fobia traveller

Kuman adalah yang paling ditakuti pengidapnya, termasuk sprei hotel yang dianggap tempat bersarangnya kuman. Mysophobia atau fobia kuman adalah rasa cemas datang ketika berhadapan dengan seprai hotel, toilet umum, dan nampan di belakang kursi pesawat. Mereka selalu meragukan tingkat kebersihan benda atau tempat. Kalau kamu menginap di Cozzy stay jangan diragukan lagi ya untuk kebersihannya.

2. Aerophobia
See the source image

Terbang adalah waktu paling menyiksa pengidap fobia ini. Berdasarkan penelitian yang pernah dimuat di The New York Times, sebanyak 40 persen traveler mengidap aerofobia (fobia terbang). Traveller sering cemas saat penerbangan. Perasaan khawatir tersebut bisa jadi berasal dari klaustrofobia (takut ruang sempit) atau kehilangan kendali.

 3. Thalassophobia

See the source image

Fobia laut atau thalassophobia juga dianggap sering mengganggu traveller. Seseorang pengidap fobia ini akan kesulitan mengunjungi pantai atau destinasi berjarak jauh. Penderita thalassophobia akut akan mengalami kecemasan saat terbang melewati lautan. Kecemasan pengidap thalassophobia, misalnya takut terkena garam laut, takut mengalami kontak fisik dengan satwa laut, atau takut terhanyut ombak.

4. Zoophobia

Kelucuan hewan-hewan tidak dapat dinikmati pengidap phobia ini. Jika seseorang yang mengidap zoophobia akan merasa tidak nyaman saat melihat atau berinteraksi dengan satwa liar. Tempat-tempat seperti kebun binatang atau taman nasional yang didiami satwa liar menjadi tempat yang mengerikan bagi mereka. Pasalnya, mereka akan gampang cemas saat berhadapan satwa lokal.

5. Enochlophobia

Enochlophobia atau fobia kerumunan ini akan membuat seseorang kesulitan untuk datang ke destinasi wisata populer atau tempat liburan yang ramai pengunjung. Kecemasan penderita ini biasanya terjadi disaat menemui antrian panjang atau keramaian. Pengidap jenis fobia ini akan menghidari perjalanan di waktu musim liburan. Mereka biasanya mendatangi tempat wisata populer di jam-jam sepi, misalnya saat tempat baru dibuka atau hendak ditutup.

Nah, itu tadi penejelasan mengenai fobia-fobia apa saja yang sering dialami oleh para traveler. Apakah Sahabat Cozzy termasuk dalam salah satunya

Cozzy

4 Hal Penting Saat Check-Out Dari Hotel.

Tips memesan kamar hotel

Facebook
Twitter
LinkedIn
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments